CSR ( Corporate social responsibility )

CSR ( Corporate social responsibility ) atau tanggung jawab sosial perusahaan adalah pendekatan bisnis yang berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan bagi semua pemangku kepentingan. CSR adalah sebuah konsep dengan banyak definisi dan praktik. Cara itu dipahami dan diterapkan sangat berbeda untuk setiap perusahaan dan negara.

Selain itu, CSR adalah konsep yang sangat luas yang membahas banyak dan berbagai topik seperti hak asasi manusia, tata kelola perusahaan, kesehatan dan keselamatan, efek lingkungan, kondisi kerja dan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi. Gerakan ini bertujuan mendorong perusahaan untuk lebih sadar akan dampak bisnis mereka terhadap masyarakat, termasuk para pemangku kepentingan mereka sendiri dan lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai fungsi CSR sebagai bentuk tanggung jawab kepada berbagai pihak yang terlibat:

  1. Izin Sosial untuk Beroperasi.
  2. CSR Dapat Memperkecil Resiko Bisnis Perusahaan.
  3. CSR Dapat Melebarkan Akses Sumber Daya.
  4. CSR Memudahkan Akses Menuju Market.
  5. CSR Bisa Memperkecil Biaya Pengeluaran.
  6. CSR Dapat Memperbaiki Hubungan dengan Stakeholder.
  7. CSR Bisa Memperbaiki Hubungan dengan Regulator.
  8. CSR Meningkatkan Semangat dan Produktivitas Karyawan.
  9. CSR Memperbesar Peluang Mendapatkan Penghargaan.


Berikut ini adalah manfaat CSR bagi perusahaan yang terkait:

  1. Meningkat citra perusahaan di mata masyarakat.
  2. Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
  3. Membedakan perusahaan tersebut dengan para kompetitornya.
  4. Memperkuat brand merk perusahaan di mata masyarakat.
  5. Mmberikan inovasi bagi perusahaan tersebut.


Berikut ini adalah manfaat CSR bagi masyarakat yang menerima:

  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan meningkatkan kelestarian lingkungan hidup sekitar.
  2. Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
  3. Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
  4. Adanya pembangunan fasilitas masyarakat yang sifatnya sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya untuk masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut.


Contoh perusahaan yang menerapkan CSR di perusahaannya.
PT Pelabuhan Indonesia (Persero).
PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC  adalah perusahaan pelabuhan sebagai pihak pengelola pelabuhan laut di seluruh Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 19/1960 tentang manajemen pelabuhan publik yang dilakukan oleh badan manajemen pelabuhan (BPP). Mengacu pada UU No. 7 tahun 2008, pelabuhan memiliki tiga fungsi dalam perdagangan, yaitu sebagai rantai transportasi, sebagai entitas industri, dan gerbang negara.

Pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial Perusahan (CSR) :
Program Pendidikan Konservasi Laut untuk Kaum Muda melalui program Kapal Kalabia.

  1. Memahami betapa berharganya ekosistem perairan dan wilayah pesisir di Indonesia dan memperlakukan alam untuk bertahan hidup bersama. 
  2. Sistem pembelajaran saat berlayar yang dilengkapi dengan pendidik, perpustakaan dan sistem audio dan video ini akan berlayar selama 20 hari ke desa-desa dan pulau-pulau di Raja Ampat.
  3. Di Kapal Kalabia, ada modul pengajaran yang diberikan tentang pengelolaan limbah serta konektivitas antara manusia dan alam.
  4. Mendorong siswa untuk mengikuti permainan mereka untuk memancing kreativitas dalam menciptakan kesadaran lingkungan. 
  5. IPC berkomitmen untuk mendukung pendanaan program pendidikan pelestarian lingkungan selama lima tahun ke Kalabia.
  6. Memberikan dukungan kepada Yayasan dalam mengembangkan program Kapal pendidikan.


Analisis:
Menurut saya keputusan perusahaan untuk melaksanakan program-program CSR secara berkelanjutan, pada dasarnya merupakan keputusan yang rasional. Sebab selain memberikan efek nilai tambah saham & loyalitas terhadap para pemegang saham juga memberikan hal serupa bagi keluarga-keluarga yang mengikuti program tersebut. Bila CSR benar-benar dijalankan secara efektif maka dapat memperkuat atau meningkatkan nilai wisata, sosial dan pendidikan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Nilai yang dimaksud seperti:

  1. Menambah jumlah para turis yang hendak berwisata, sehingga menambah pemasukan dana terhadap daerah tersebut.
  2. Meningkatkan pengaruh loyalitas baik terhadap warga dengan perusahaan-perusahaan yang sejenis dan yang hendak melakukan hal serupa walau ditempat lain.    
  3. Meningkatkan pola kesadaran warga sekitar tentang ilmu apa saja yang bisa diambil tentang lingkungan sekitar.


Tanggung jawab perusahaan terhadap kepentingan publik dapat diwujudkan melalui pelaksanaan program-program CSR yang berkelanjutan dan menyentuh langsung aspek-aspek kehidupan masyarakat. Walau program ini mendapat sesuatu yang lebih secara keseluruhan dikedua pihak seperti bantuan finansial & tempat, tetapi nilai-nilai seperti wisata, sosial dan pendidikan adalah sesuatu yang tidak dapat diukur nilainya. Namun demikian, dapat ditegaskan bahwa pengeluaran biaya untuk program-program CSR merupakan investasi perusahaan untuk memupuk modal sosial.

Sumber:
http://www.indonesiaport.co.id/read/kegiatan-sosial-ipc.html
http://seputar-mahasiswa.blogspot.com/2013/10/pengertian-csr-manfaat-csr-dan_3763.html



Comments